Selasa, 11 Desember 2012

Berantas Serangga, Burung Pipit Gunakan Rokok

Foto : Orange
Foto : Orange
MEKSIKO - Para peneliti di Meksiko mulai mengamati sarang burung pipit yang dipenuhi dengan banyaknya puntung rokok. Mereka pun berkesimpulan bahwa koloni burung-burung itu sengaja menaruh rokok di sarangnya untuk mengusir serangga.

Nikotin dan sejumlah bahan kimia lainnya ternyata sanggup menjadi suatu zat yang menyerupai pestisida. Dan saat ini, banyak burung-burung pipit di Meksiko yang sarangnya dipenuhi dengan rokok.

Burung itu akan selamat dari invasi serangga bila mereka menaruh rokok dalam jumlah yang banyak di sarangnya. Di samping itu, puntung rokok juga bisa menjadi isolasi untuk memperkuat sarang burung tersebut.

Salah seorang peneliti dari National Autonomous University di Meksiko menulis jurnal mengenai biologi. Mereka pun mulai membahas aktivitas burung-burung pipit itu yang sering mengumpulkan rokok.

Menurut hasil dari pengamatan mereka, ada sekira 10 puntung rokok yang tertancap di sarang burung yang terletak di pohon. Selain berguna sebagai pengusir serangga, puntung rokok itu juga bisa menghangatkan tubuh burung-burung itu. Demikian, seperti diberitakan Orange, Selasa (11/12/2012).

(AUL)
sumber: http://international.okezone.com/read/2012/12/11/214/730718/berantas-serangga-burung-pipit-gunakan-rokok

Tidak ada komentar: