Kamis, 06 September 2012

Magnet Menjadi Sumber Energi Alternatif dan Pembangkit Listrik (PLTM)


Kita telah mengetahui bersama dikelas SMP dan SMA kita belajar mengenai Energi yang dapat diperbaharui dan Energi yang tidak dapat diperbaharui. Energi yang dapat diperbaharui sesungguhnya adalah energi alam yang sejak dahulu sudah digunakan oleh nenek moyang kita, contohnya adalah energi angin, energi air, energi matahari, energi panas bumi. Sedangkan energi yang tidak dapat diperbaharui adalah minyak bumi, gas alam.
Minyak bumi dan gas alam saat ini tengah mendominasi sumber energi dunia sehingga sampai-sampai kita ketergantungan dengan sumber energi ini. Harga bahan bakar minyak melambung tinggi semua bahan pokok melambung tinggi. Nampaknya kita telah terlalu ketergantungan dengan bahan bakar minyak (Energi tak dapat diperbaharui), ataukah mungkin memang ada konspirasi energi..?
Magnet Sumber Energi Alternatif
Kenyataan ini membuat para ilmuan berfikir untuk mencari dan beralih ke sumber energi alternatif, sumber energi alam air, angin, panas bumi, matahari telah dipergunakan oleh kita untuk membangun pembangkit listrik, nah baru-baru ini telah ditemukan sumber energi alternatif baru yaitu PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Magnet). Konsep PLTM tanpa bahan bakar ini sebenarnya telah berumur lebih dari 100 tahun dan disiplin ilmu ini adalah kawasan milik Begawan Listrik, Nikola Tesla. Wesley Gary (1874) adalah orang pertama yang memberikan ide bahwa magnit dapat menggerakkan motor, tetapi saat itu masih tidak praktis. Hans Coler (1925) mendapatkan listrik menggunakan motor magnetik ketika bekerja sebagai tentara Jerman pada Perang Dunia II.
Keuntungan PLTM adalah:
  1. Mendapatkan aliran listrik gratis terus menerus dan stabil;
  2. Ramah lingkungan dan tidak menimbulkan emisi gas dan kimia;
  3. Dapat dioperasikan pada kondisi sangat dingin atau sangat panas, baik di dalam maupun di luar ruangan;
  4. Bentuknya kecil dan murah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dimana-mana;
  5. Hampir tidak memerlukan perawatan.
Bagaimana Cara Kerjanya?
Generator magnet menghasilkan listrik yang sama cara kerjanya dengan turbin listrik. sebuah Rotor besi dililit kawat tembaga, yang diputar dalam medan magnit menghasilkan aliran elektron ajeg dan terus menerus. Bedanya adalah semula menggunakan BB fosil untuk menggerakkan rotor, maka dalam hal ini medan magnet menggerakkan rotor. Seperti diketahui, magnet memiliki kutub Utara dan Selatan, magnet dengan kutub sama akan saling tolak-menolak, dan kutub berlawanan akan saling tarik-menarik. Dalam Pembangkit Tenaga Magnet, dorongan dan tarikan kutub magnet akan membuat rotor tetap bergerak hingga menghasilkan listrik bebas yang dapat disimpan dalam baterai. Gesekan udara dan friksi akan menurunkan putaran rotor, tetapi sekali laju rotasi turun di bawah titik tertentu, motor listrik akan masuk ke sistem sehingga laju rotor pulih kembali, karena ada bantuan energi yang tersimpan dalam baterai. contoh video pembangkit listrik tenaga magnet




Begitulah sedikit ulasan mengenai salah satu sumber energi alternatif alam, semoga dengan adanya ulasan ini dapat membangkitkan kesadaran kita bahwa sesungguhnya masih banyak energi alternatif yang dapat kita pergunakan di alam ini. Bagaimanapun juga kita harus menghentikan ketergantungan kita terhadap energi tak terbarukan (bahan bakar minyak), dan mulai mencari alternatif energi ramah lingkungan.
Sumber : energibarudanterbarukan.blogspot.com (Thx to pak Dr. Fathurrahman atas sharing2nya selama ngajar di DQ ~kangen pak :) )
http://eksplore.com/magnet-menjadi-sumber-energi-alternatif-dan-pembangkit-listrik-pltm__20120508_.html

2 komentar:

Muhammad Furqon mengatakan...

LUAR BIASA ! Nice Info bro ! Saya jadi tertarik untuk membuatnya dirumah ! =D
THANKS !!!

Anonim mengatakan...

Informasinya SIP gan, bisa dipraktekkan untuk belajar membuat sumber energi listrik alternatif jika suatu saat PLN lagi ngadat, makasih Gan